Kegiatan MPLS Tahun Ajaran 2021/2022

Tahun ajaran baru 2021/2022 dimulai pada tanggal 12 Juli 2021 di awali dengan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Karena masih masa pademi maka kegiatan MPLS diadakan secara daring melalui ZOOM.  Peserta didik baru di SMK Nurul Islam sejumlah 156 siswa yang terdiri dari 1 kelas jurusan AKL, 2 Kelas jurusan OTKP dan 1 kelas jurusan RPL.

Hari senin 12 Juli 2021 diawali dengan Pra MPLS yaitu persiapan panitia OPDIS untuk memberikan pengarahan kepada peserta didik baru untuk pembekalan dalam kegiatan MPLS yang akan di laksanakan. Hari Selasa 13 Juli 2021 di mulai dengan pembukaan MPLS oleh kepala Sekolah Ibu Dian Purnamasari, S.Pd keluarga besar SMK Nurul Islam mengucapkan selama datang kepada seluruh peserta didik baru beserta keluarga dan selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar SMK Nurul Islam.

Mengawali tahun pelajaran 2021/2022 seluruh peserta didik baru wajib mengikuti kegiatan MPLS. Namun pada tahun ini kegiatan MPLS dilaksanakan secara daring melalui ZOOM karena pademi COVID-19 saat ini masih terus menjadi perhatian kita semua sehingga untuk menghindari menularnya wabah ini. Kami harap para siswa bisa mengikuti kegiatan MPLS daring  ini dengan semangat dan sungguh-sungguh dan orang tua siswa tetap memantau dan membimbing anaknya mengikuti poses pesengenalan lingkungan sekolah secara daring ini. Kita berdoa semoga wabah ini segera berakhir dan kita dapat beraktifitas kembali seperti sediakala. Aamiiin ya Rabbal Alamin.

Selama kegiatan ini berlangsung kami berharap peserta didik dapat memperoleh pengalaman baru yang menyenangkan, mengenal teman-teman baru, para guru dan karyawan, seluruh komponen sekolah beserta norma, budaya dan tata tertib yang berlaku didalamnya. Dan yang paling utama adalah mengenal lingkungan sekolah sebagai wawasan wiyata mandala tempat kalian belajar selama tiga tahun kedepan.

Semoga kegiatan ini dapat menjadikan peserta didik sebagai insan yang beriman, disiplin dan unggul. Selamat mengikuti MPLS sukses untuk kalian semua. Semoga Allah selalu melindungu kita Aamiin….

Acara selanjutnya pemberian materi oleh Wakil Kurikulum Ibu Iin Indah Abimanyu, S.Pd menginformasikan pembelajaran yang berlaku di SMK Nurul Islam yang dilaksanakan secara daring. Fasilitas yang akan digunakan dalam pembelajaran akan menggunakan LMS yaitu aplikasi First Klaz. Aplikasi pendidikan yang dirancang untuk meningkatkan efektifitas belajar dan mengajar di sekolah melalui system pembelajaran online yang terintegrasi antar pengguna dan konten-konten e-learning.

Model penggunaan First Klaz  yaitu Personal Learning siswa belajar secara mandiri dan mudah melihat hasil belajar, Blended Learning metode pembelajaran yang menggabungkan online learning dengan offline, Pendidikan Multi Level memfasilitasi setiap tingkat pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan sekolah tinggi, Multi Kurikulum dirancang konsep multi kurikulum.

first klas nuris

User untuk First Klaz adalah Sekolah memudahkan pengambilan keputusan, pantauan perkembangan dan aktivitas sekolah serta keaktifan siswa, guru dan kelas. Guru memudahkan dalam memanatau perkembangan belajar dan keaktifan siswa serta  manajemen materi pembelajaran. Siswa dapat belajar dengan mandiri, tersedia bahan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan mudah melihat kemajuan belajar siswa. Orang tua mudah memantau perkembangan hasil belajar anak di sekolah untuk mengetahui kebutuhan anak dalam meningkatkan prestasi belajar.

Kemudian pengarahan dari ketua program AKL Ibu Riza Novasari, S.Pd menjelaskan tentang program AKL yang ada di SMK Nurul Islam, dilanjutkan ketua program RPL Bpk Drs. Mahfudh MM menjelaskan tentang program RPL yang harus bisa diikuti oleh peserta didik. Terakhir pengarahan dari ketua program OTKP Ibu Dra. Yeti Suciati bagaimana pembelajara perkantoran yang akan diterapkan di dunia industri.

 

Hari ke 2 MPLS Rabu 14 Juli 2021 pemberian materi oleh Aiptu Suharjo SH denga tema “Bahaya Narkoba dan Strategi Pencegahannya”. Dilanjutkan pengarahan dari Wakil Kesiswaan Bpk. Randi Rafila, S.Pd tentang tata tertib, penggunaan seragam setiap harinya yang akan dilaksanakan di SMK Nurul Islam.

narkoba smk nuris

Hari ke 3 MPLS Kamis 15 Juli 2021  pemberian materi oleh drg. Nur Hidayati Nosi Prastiyani, MPd.Ked dengan tema “Budaya Sehat di Masa Pademi Covid-19”. Dilanjutkan pengarahan dari Pembina OPDIS pengenalan kegiatan ekstrakulikuler yang ada di SMK Nurul Islam ditutup dengan pengenalan dari pengurus OPDIS SMK Nurul Islam.

Kegiatan MPLS selama 3 hari berjalan lancar dan penutupan oleh Kepala Sekolah diharapkan semua peserta didik mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dan menjadi motivasi yang kuat untuk terus belajar di SMK Nurul Islam. Aamiiiin….

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *